Sisihkan Waktu untuk Makan Bersama Keluarga

Makan Bersama KeluargaMakan Bersama Keluarga

BeritaKesehatan.com – Karena berbagai benturan kegiatan anggota keluarga, makan bersama keluarga kadang menjadi sesuatu yang terlewatkan. Hal ini biasanya terjadi karena kegiatan sekolah anak, jadwal arisan, pertemuan lingkungan, telat pulang kantor, atau terlalu sibuk kerja. Padahal makan bersama keluarga merupakan salah satu momen yang sangat perlu untuk dijaga guna meningkatkan kehangatan dan kebersamaan keluarga.

Kehangatan Keluarga
Dengan makan bersama, keluarga akan lebih sering berkumpul dan ini sangat baik bagi perkembangan anak. Kehangatan keluarga saat makan bersama akan meningkatkan kecintaan anak kepada keluarga. Kecintaan pada keluarga inilah yang nantinya akan membuat anak senantiasa berusaha untuk selalu menjaga keutuhan keluarga, dengan tidak melakukan hal-hal yang nantinya berdampak buruk bagi keluarga.

Makanan Sehat
Seorang ibu bisa lebih mengenalkan makanan sehat kepada anak, karena biasanya makanan yang disajikan adalah makanan olahan sendiri. Ibu bisa lebih memperbanyak porsi sayuran dan buah, ini tentu berbeda jika anak sering makan makanan cepat saji di luar. Selain itu, Ibu juga bisa menyajikan makanan-makanan baru baik dari resep hasil ujicoba sendiri maupun resep dari majalah atau televisi.

Lebih Hemat
Menyiapkan makanan bersama untuk keluarga sebenarnya juga menekan biaya pengeluaran. Hal ini karena jenis makanan yang disajikan bisa lebih dikontrol menyesuaikan dengan jumlah anggota keluarga. Selain itu, bahan makanan ataupun bumbu masak yang berlebih bisa disimpan untuk dipakai hari berikutnya.

Lebih terbuka
Setelah acara makan, biasanya kita bisa membicarakan hal-hal yang terjadi di sekolah anak, merencanakan kegiatan esok hari, atau rencana liburan nanti. Bagi seorang anak perempuan, Ibu juga bisa lebih mengajarkan tentang bagaimana mengurus keluarga seperti berbagi tugas membersihkan sisa makanan atau mencuci piring.

Mengurangi Stress
Percaya atau tidak, makan bersama keluarga akan mengurangi tekanan karena masalah pekerjaan. Makan malam bersama keluarga akan memberikan dampak rileksasi karena lelah bekerja dan memberikan semangat baru untuk memulai pekerjaan kembali keesokan harinya.

Makan bersama sangat penting bagi sebuah keluarga, terutama dimasa anak-anak bersekolah. Sisihkan waktu anda untuk makan bersama keluarga entah itu waktu sarapan pagi atau waktu makan malam dimana biasanya seluruh kelurga sudah berkumpul di rumah. (d-dy)

FacebookTwitterGoogle+PinterestLinkedInWhatsAppLine