Cara Sederhana Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri HaidNyeri Haid

Haid atau menstruasi merupakan siklus yang selalu datang setiap bulannya pada kaum wanita. Ketika siklus menstruasi ini datang, tidak jarang para wanita sering merasakan nyeri di sekitar area perutnya. Ini merupakan hal biasa terjadi sebagai bagian dari siklus menstruasi ini.

Rasa nyeri ini tentu saja sangat mengganggu bagi sebagian wanita. Karena rasa nyeri ini bahkan beberapa dari mereka tidak mampu melakukan aktivitas sehari-hari. Hal ini tentunya sangat menghambat rutinitas mereka. Rasa nyeri haid ini biasanya menghampiri ketika sebelum haid dan saat sedang menstruasi. Rasa nyeri haid ini pun tidak hanya berlangsung selama satu atau dua hari saja. Ada juga yang mengalaminya hingga empat hari lamanya.

Penyebab nyeri haid
Nyeri haid ini terjadi karena disebabkan kontraksi dinding otot rahim yang akhirnya menekan pembuluh darah yang ada di area sekitarnya. Karena hal ini suplai oksigen yang masuk ke dalam rahim menjadi terhambat sehingga menimbulkan rasa nyeri tersebut. Setiap wanita mengalami rasa nyeri haid yang berbeda-beda. Ada yang ringan, ada yang berat hingga tidak mampu melakukan aktivitas sehari-hari seperti bekerja. Tidak jarang wanita yang mengalami rasa nyeri berat ini harus izin tidak masuk ke kantor.Rasa nyeri haid ini juga memiliki beberapa gejala yang biasanya dapat dilihat dan dirasakan dengan jelas. Di antaranya yaitu rasa mual, rasa lelah, lemas hingga ingin pingsan, pusing, dan diare.

Cara mengatasi nyeri haid
Berikut ini adalah 3 cara yang dapat membantu mengatasi dan mengurangi rasa nyeri haid.

1. Mengompres dengan air hangat.
Ini merupakan salah satu cara yang paling dilakukan untuk mengatasi dan mengurangi rasa nyeri haid. Caranya cukup letakkan kompres hangat di bagian perut bawah yang terasa nyeri dan kram.

2. Konsumsi jamu kunyit asam.
Cara tradisional ini cukup ampuh untuk mengatasi dan mengurangi rasa nyeri haid. Jamu kunyit asam ini tidak hanya untuk mengatasi nyeri haid, tapi juga dapat melancarkan haid.

3. Memijat bagian yang nyeri.
Pijatlah perut bagian bawah yang terasa nyeri dengan lembut dan ringan. Anda dapat memijat dari sekitar perut secara merata hingga ke area sekitar tulang pinggang. (Yhna)

FacebookTwitterGoogle+PinterestLinkedInWhatsAppLine