Jerawat Jangan Dipencet Terus

Pencet jerawatPencet jerawat

Masalah jerawat adalah masalah yang cukup sering dialami oleh setiap orang, terutama wanita. Karena, adanya jerawat pada bagian wajah ini membuat wanita menjadi kurang percaya diri. Jerawat yang berada di wajah ini memang akan sangat mengganggu. Terkadang, jerawat yang sudah matang dan memiliki warna putih pada bagian atasnya membuat tangan ini merasa gatal untuk memencet jerawat ini. Padahal, kalau memencet jerawat ini bisa menyebabkan luka di wajah atau yang dikenal sebagai bopeng di wajah. Walaupun, setelah jerawat yang sedang matang ini dipencet kotoran di dalam jerawat ini bisa menghilang. Namun, sebaiknya tidak perlu memencet jerawat yang sedang matang karena bisa menimbulkan luka yang justru membuat wajah kurang enak dipandang ketika sudah tidak berjerawat.

Banyak mitos- mitos yang mengatakan tidak boleh melakukan hal ini dan hal itu pada jerawat. Dari mitos atau opini yang berkembang ini sebaiknya kita lebih mengetahui hal ini secara logis dan realistis.

Faktor Penyebab Jerawat
Faktor dari wajah sendiri bisa menjadi sebab timbulnya jerawat, ini biasanya dialami oleh seseorang yang memiliki jenis kulit berminyak. Jenis kulit berminyak ini membuat kotoran mudah tersumbat pada bagian pori-pori wajah. Faktor lainnya yang bisa menyebabkan seseorang memiliki jerawat adalah hormon. Hormon ini adalah salah satu faktor yang memiliki perngaruh besar dalam timbulnya jerawat. Seperti pada saat akan mulai haid, biasanya jerawat mulai muncul dan kembali hilang ketika masa periode haid sudah selesai.

Karena jerawat ini bisa terjadi karena penyumbatan pori-pori wajah, maka yang perlu dilakukan pada saat berjerawat adalah mencuci muka secara teratur. Selain itu, hindari menyentuh jerawat yang sedang berkembang di wajah dengan tangan. Kondisi tangan yang belum tentu bersih ini bisa membuat penyembuhan jerawat semakin lama. Maka dari itu, jangan sesekali iseng menyentuh apalagi memencet jerawat yang ada di wajah. Karena hal ini tidak akan menyembuhkan jerawat, bahkan malah membuatnya semakin lama berada di wajah kamu. Untuk jerawat hormonal yang mungkin pernah dialami bisa dibantu hilangkan dengan obat jerawat berbentuk gel. (Yhna)

FacebookTwitterGoogle+PinterestLinkedInWhatsAppLine