Menjadikan Suasana Ruangan Kerja Kantor lebih Sehat

Kantor SehatKantor Sehat

BeritaKesehatan.com – Sebagian besar dari kita banyak menghabiskan waktu di ruangan kerja atau di kantor. Dalam hal ini tidak termasuk pekerjaan di bidang konstruksi yang memang dilakukan di ruangan terbuka. Ruangan kerja kadang bisa mendatangkan gairah kerja, namun tidak sedikit pula ruangan kerja yang justru menjadikan pekerjaan anda lebih membosankan. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjadikan ruangan kerja kita lebih menyenangkan, atau paling tidak membuat kita merasa lebih bugar dan tentu saja lebih sehat.

Jangan Duduk Terlalu Lama
Orang yang bekerja di belakang meja disarankan untuk meninggalkan tempat duduk lebih sering, hal ini dilakukan untuk menjaga sistem metabolisme tubuh dan juga untuk memberi waktu bagi tulang punggung dan tulang leher agar tidak terlalu kaku. Anda bisa menggunakan catatan di komputer untuk mengingatkan diri atau menggunakan alarm handphone setiap beberapa waktu.

Tanaman Kecil
Tambahkan tanaman kecil atau bunga hidup di meja kerja atau di pojok ruangan. Tanaman kecil di ruangan kerja sangat bagus baik secara psikologi maupun kesehatan. Tanaman berdaun hijau akan lebih baik daripada kaktus karena bisa juga untuk memeperbaiki kualitas udara di dalam ruangan. Usahakan untuk menghindari tanaman bunga yang beraroma sangat kuat.

Barang Pribadi
Menempatkan barang pribadi seperti foto keluarga atau hadiah kecil dari teman bisa menjadi penyemangat kerja. Dengan menaruh barang-barang kecil ini anda dapat menurunkan tekanan karena pekerjaan, barang kecil ini juga bisa pengingat akan moment-moment indah.

Hentikan Makan di Meja Kerja
Makan di meja kerja hanya akan membuat pikiran semakin jenuh, ketika anda makan diluar ruangan kerja, maka otak akan me-refresh dan menghilangkan sedikit kepenatan.

Perhatikan Postur Tubuh
Memperhatikan postur tubuh sangat penting untuk bisa menentukan tinggi kursi dan meja kerja. Letak monitor juga sebaiknya sangat diperhatikan untuk menjaga kesehatan mata maupun punggung.

Olahraga Kecil
Sesekali ketika sedang bekerja, lakukan olahraga kecil seperti meregangkan tangan sambil berdiri, menggelengkan kepala, atau berjalan kecil saja di ruangan. Selain bagus agar tidak duduk terlalu lama di kursi, kegiatan ini juga mengembalikan fungsi tubuh ke kondisi normal. (D-dy)

FacebookTwitterGoogle+PinterestLinkedInWhatsAppLine