Cara Mengatasi Kulit Telapak Kaki Kering secara Alami

Telapak Kaki KeringTelapak Kaki Kering

BeritaKesehatan.com – Kaki sebagai salah satu bagian tubuh yang penting, sedangkan telapak kaki sebagai salah satu bagian tubuh yang sensitif. Telapak kaki yang kering bisa menimbulkan telapak kaki menjadi pecah-pecah bahkan tidak menutup kemungkinan dapat menimbulkan rasa perih dan rasa sakit sehingga susah untuk berjalan. Itulah alasan mengapa telapak kaki termasuk bagian tubuh yang sensitif.

Faktor penyebab kulit menjadi kering
Penyebab kulit kering begitu beragam. Salah satunya faktor kebersihan. Kebersihan kaki juga perlu Anda perhatikan, setidaknya Anda harus membersihkan kaki Anda sebelum tidur untuk menjaga kaki Anda tetap bersih dan telapak kaki juga tidak terlalu kering karena terkena siraman air. Tapi terlalu lama terkena air juga tidak baik. Jika kaki Anda terendam air terlalu lama akan menyebabkan minyak yang terdapat pada telapak kaki menghilang sehingga justru membuat telapak kaki menjadi kering dan kasar. Jika hal tersebut Anda abaikan, tidak menutup kemungkinan telapak kaki Anda akan mengalami pecah-pecah bahkan akan membuat Anda tidak bisa berjalan karena terasa sakit saat Anda gunakan untuk melangkah.

Berbagai bahan alami perawatan telapak kaki kering
Bagi Anda yang mengalami masalah telapak kaki kering, Anda tidak perlu khawatir karena artikel ini akan membantu Anda menyelesaikan permasalahan Anda. Ramuan pisang bisa menjadi cara alami untuk mengatasi telapak kaki yang kering. Buah pisang mengandung vitamin C dapat membantu memulihkan kulit telapak kaki Anda yang kering. Pisang bisa dijadikan sebagai krim untuk telapak kaki yang pecah-pecah. Cara membuat ramuan ini sangat sederhana. Anda hanya perlu menghaluskan pisang dan kemudian mengoleskannya ke telapak kaki Anda sambil memijat telapak kaki Anda. Setelah itu, Anda bisa membersihkan telapak kaki Anda dengan menggunakan air dingin.

Campuran air mawar dan gliserin juga bisa menjadi cara yang tepat untuk mengatasi kulit telapak kaki kering secara alami. Campuran kedua bahan tersebut sangat ampuh untuk mengatasi masalah telapak kaki yang kering. Anda bisa mengoleskan campuran air mawar dan gliserin ke bagian telapak kaki yang kering sebelum tidur dan ketika Anda hendak berpergian tanpa menggunakan alas kaki.

Mentimun juga bisa dijadikan sebagai ramuan alami untuk kulit kering. Mentimun mengandung banyak air yang dapat membantu melembabkan kulit. Cara membuat ramuan ini juga sangat mudah, Anda hanya perlu menghaluskan mentimun. Selanjutnya Anda bisa menggunakan ramuan mentimun untuk memijat telapak kaki yang kering.

Jeruk nipis juga bisa menjadi ramuan alami untuk mengatasi keluhan kulit telapak kaki yang kering. Cara membuatnya sangat sederhana dan sangat mudah. Anda hanya perlu memotong jeruk nipis yang sudah tua menjadi dua bagian, kemudian mengoleskannya pada telapak kaki yang kering. Ramuan ini dapat melembabkan kulit telapak kaki yang kering. Terlebih lagi jika Anda menggunakannya beberapa kali. Anda pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Kelapa muda dan garam juga bisa menjadi cara alami untuk mengatasi kulit telapak kaki kering. Cara membuatnya pun juga tak kalah sederhana dengan ramuan lainnya. Langkah yang harus Anda lakukan sangat sederhana. Pertama, Anda perlu membelah kelapa muda untuk mengambil airnya. Kedua, Anda harus menambahkan garam pada air kelapa muda yang telah Anda tuangkan pada baskom. Langkah ketiga sekaligus langkah terakhir adalah merendam kaki Anda kurang lebih untuk waktu 15 menit sebelum dicuci menggunakan air bersih. (Stefan)

 

FacebookTwitterGoogle+PinterestLinkedInWhatsAppLine