Penyebab dan Perawatan Kulit Ujung Jari Tangan Pecah-Pecah

Kulit jari terkelupasKulit jari terkelupas

BeritaKesehatan.com – Perlu Anda ketahui, jika kulit ujung jari tangan pecah-pecah tidak bisa Anda anggap sebagai sesuatu hal yang sepele. Tahukah Anda, jika kulit ujung jari tangan yang pecah-pecah merupakan peradangan kulit? Jika Anda belum tahu, mulai detik ini Anda perlu tahu jika kulit ujung jari tangan yang pecah-pecah bukan lagi masalah sepele yang bisa Anda abaikan, tetapi masalah yang cukup serius yang perlu Anda perhatikan.

Dermatitis
Dunia kedokteran menyebut peradangan kulit ini sebagai dermatitis. Peradangan pada kulit ini biasanya ditandai dengan rasa gatal pada kulit jari tangan, kulit ujung jari tangan terlihat memerah, bahkan terlihat ada benjolan. Gejala lainnya yang cukup serius adalah kulit ujung jari tangan terlihat pecah-pecah bahkan terasa perih. Apakah Anda mengalami beberapa gejala tersebut? Jika, Anda mengalami hal yang telah diuraikan, silahkan baca artikel ini hingga selesai.

Bahan Kimia Pemicu Jari Tangan Pecah-Pecah
Sebelum kulit ujung jari tangan Anda menjadi pecah-pecah, biasanya Anda akan merasakan kulit Anda terasa kering atau bahkan Anda akan merasa kulit Anda menebal. Jika Anda sudah merasakan gejala tersebut, sebaiknya Anda mulai waspada dan tidak mengabaikannya. Dampak dari gejala yang terlihat biasa tersebut bisa membuat kulit ujung jari tangan Anda akan menjadi pecah-pecah. Jadi Anda harus segera menanganinya dengan cara mengenali penyebabnya.

Bahan kimia sebagai salah satu pemicu yang akan membuat kulit jari tangan Anda menjadi pecah-pecah. Bahan kimia sendiri terbagi menjadi bahan kimia kuat dan bahan kimia lemah. Bahan kimia yang kuat biasanya digunakan untuk industri. Obat pengeriting rambut yang digunakan di salon juga bisa dikatakan sebagai bahan kimia kuat. Jadi tidak heran jika masalah ini sering dialami oleh pemilik salon atau pegawai salon. Tapi bukan berarti hal ini tidak bisa dicegah. Bagi Anda yang bekerja di salon dan biasa menggunakan bahan-bahan kimia seperti obat pengeriting rambut bisa menggunakan sarung tangan untuk melindungi tangan Anda dari kontak secara langsung.

Bahan kimia lain yang juga bisa menyebabkan kulit ujung jari tangan pecah-pecah adalah bahan kimia yang termasuk dalam kategori bahan kimia lemah. Bahan kimia dengan kategori ini dampaknya tidak secara langsung, tapi semakin sering menggunakannya akan semakin cepat terlihat dampak dari bahan kimia kategori ini. Bahan kimia jenis ini biasanya terdapat di dalam sabun pencuci piring, sabun pencuci baju atau deterjen, sabun untuk cuci tangan, sabun pembersih lantai, dan lain sebagainya. Bagi Anda ibu rumah tangga atau Anda yang sering melakukan kontak langsung dengan beberapa benda yang mengandung bahan kimia tersebut, Anda bisa mengurangi intensitas kontak Anda dengan benda-benda tersebut. Anda bisa mencoba menggunakan sarung tangan berbahan karet untuk mengerjakan aktivitas rumah tangga yang masih berhubungan dengan beberapa benda yang mengandung bahan kimia tersebut.

Air dapat Memicu Jari Tangan Pecah-Pecah
Ternyata air pun juga bisa menyebabkan jari tangan menjadi pecah-pecah. Kebiasaan terlalu sering melakukan kontak dengan air ternyata tidak baik. Rupanya, keseringan mencuci tangan dengan air dapat mengurangi kandungan minyak yang terdapat pada kulit tangan sehingga membuat kulit tangan menjadi kering bahkan pecah-pecah. Jadi, Anda sebaiknya tidak terlalu sering melakukan kontak dengan air seperti mencuci tangan dengan sabun berkali-kali. (Stefan)

FacebookTwitterGoogle+PinterestLinkedInWhatsAppLine