Benarkah Salah Bedak Bisa Jerawatan ? Gimana Solusinya ?

JerawatanJerawatan

BeritaKesehatan.com – Benarkah salah bedak bisa jerawatan? Jawabannya benar. Lalu gimana solusinya biar tidak berjerawat? Solusinya Anda baca artikel ini hingga akhir! Munculnya jerawat bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang. Kemunculan jerawat seperti benalu yang sangat mengganggu sehingga Anda ingin segera memusnahkannya. Bukan begitu?

Salah bedak apakah dapat menyebabkan jerawatan pada wajah?
Penyebab jerawat sangat beragam, salah satunya disebabkan oleh kesalahan kosmetik, yaitu bedak. Ya, bedak bisa menjadi penyebab jerawat ketika Anda salah memilih bedak yang cocok untuk kulit Anda. Dewasa ini, bedak yang ditawarkan begitu banyak, mulai dari foundation atau dasar bedak, bedak padat, hingga bedak tabur. Merk yang ditawarkan juga sangat banyak mulai dari merk ternama sampai merk abal-abal asal ada merknya. Nah, hal ini sebenarnya yang perlu Anda perhatikan. Anda jangan tergiur dengan merk dan beragam bedak yang ditawarkan. Anda perlu mengenali jenis kulit Anda karena tidak semua bedak cocok untuk semua kulit. Kesalahan memilih bedak yang tepat akan membuat Anda jadi berjerawat.

Jenis atau type kulit
Jenis kulit setiap orang memang berbeda-beda. Bagi Anda yang memiliki kulit halus dengan pori-pori yang tidak terlihat, kulit yang tidak tampak mengkilap dan jarang memiliki masalah berarti kulit Anda termasuk kategori kulit normal. Jadi Anda bisa memilih bedak untuk kulit normal. Bagi Anda yang memiliki kulit mudah kusam dengan pori-pori yang tidak terlihat dan kulit tampak kasar serta mudah muncul kerutan halus berarti Anda memiliki kulit yang kering. Nah, Anda bisa pilih bedak yang dikhususkan untuk kulit kering. Bagi Anda yang merasa memiliki kulit yang berpori-pori besar dan terlihat mengkilap terlebih lagi di daerah T, berarti Anda memiliki kulit yang berminyak. Jadi Anda harus menggunakan bedak khusus untuk kulit berminyak. Selain itu juga ada kulit sensitif yang mudah terkena iritasi dan mudah merah. Kulit dengan jenis tersebut bisa menggunakan bedak khusus kulit sensitif. Sebaiknya bedak yang digunakan hasil rekomendasi dari dokter agar lebih aman buat kulit Anda.

Memaksa memakai bedak
Selain salah bedak bisa jerawatan, kesalahan lain yang sering Anda lakukan adalah tetap menggunakan bedak padahal wajah Anda sedang berjerawat. Anda malah memberikan bedak tebal untuk menyamarkan jerawat Anda. Seharusnya Anda tidak melakukan hal tersebut karena akan memicu timbulnya banyak jerawat. Jadi niat Anda menyamarkan jerawat malah menjadi memanen jerawat di wajah. Jika Anda sedang berjerawat, langkah yang tepat adalah berhenti menggunakan bedak sementara waktu. Selama Anda masih berjerawat Anda bisa mencoba menggunakan bedak bayi yang tidak terlalu banyak mengandung bahan kimia sehingga lebih aman buat Anda. Anda hanya perlu menggunakannya sekitar dua minggu atau setidaknya sampai jerawat Anda membaik.

Pemakaian bedak terlalu tebal
Kesalahan lain yang membuat Anda menjadi berjerawat adalah menggunakan bedak yang terlalu tebal bahkan hingga rangkap tiga, mulai dari foundation, bedak tabur, lalu bedak padat. Nah, ini juga bisa jadi pemicu timbulnya jerawat. Penggunaan bedak seperti itu sebaiknya untuk acara khusus saja jangan Anda gunakan untuk aktivitas sehari-hari. Selain beberapa hal seperti salah bedak bisa jadi jerawatan, kesalahan lainnya adalah kebiasaan malas mencuci muka sebelum tidur. Terlebih lagi dalam keadaan wajah masih penuh dengan make-up. Kebiasaan semacam ini harus Anda rubah agar tidak timbul jerawat di wajah Anda. (Stefan)

FacebookTwitterGoogle+PinterestLinkedInWhatsAppLine