Kenali Penyebab Kulit Terkelupas Setelah Berenang

Kulit terkelupas setelah berenangKulit terkelupas setelah berenang

BeritaKesehatan.com – Berenang bisa menjadi hobi yang sangat menyenangkan. Bahkan tidak sedikit orang yang memilih untuk pergi ke kolam renang umum walaupun tidak memiliki hobi berenang. Berkumpul dan seru-seruan bersama teman-teman bisa menjadi salah satu alasan untuk mengunjungi kolam renang umum untuk berenang bersama. Acara berenang bersama ini tidak jarang dilakukan di siang hari di bawah terik matahari. Alasannya karena kolam renang umum biasanya buka dari siang hari hingga sore hari, sehingga banyak orang yang lebih memilih mengunjunginya di siang hari tanpa memedulikan sinar matahari yang terasa menyengat di kulit.

Klorin di kolam renang
Sebenarnya apa sih penyebab kulit Anda menjadi mengelupas setelah Anda berenang ? Salah satu penyebabnya adalah klorin yang digunakan untuk air yang ada di kolam renang. Klorin ini dapat membantu membunuh bakteri air kolam renang. Tapi sayangnya, klorin juga bisa menimbulkan alergi pada orang tertentu. Salah satunya membuat kulit menjadi kering, bahkan tidak menutup kemungkinan membuat kulit menjadi terasa gatal, memerah, dan juga bisa membuat kulit menjadi mengelupas. Jika Anda tidak ingin kulit terkelupas setelah berenang, sebaiknya Anda mandi dulu sebelum berenang. Selain itu, Anda juga perlu menggunakan body lotion setidaknya yang mengandung SPF 15 untuk menjaga kelembaban kulit Anda dan membantu mencegah radiasi karena paparan sinar matahari karena tidak menutup kemungkinan juga paparan sinar matahari yang menyengat tersebut juga membuat kulit Anda menjadi terbakar. Jadi sebaiknya, Anda tidak berenang di siang hari jika tidak ingin kulit Anda terbakar. Satu hal yang juga tidak boleh dilewatkan adalah mandi setelah berenang. Mandi dengan sabun mandi dapat menghilangkan kandungan klorin yang menempel pada tubuh Anda.

Kulit terbakar
Bagi Anda yang tidak melakukan langkah tersebut dan mengalami pengelupasan kulit setelah berenang, Anda bisa mencoba mendinginkan kulit Anda yang terbakar dengan handuk basah. Letakkan handuk tersebut di bagian kulit Anda yang terbakar, diamkan saja jangan Anda gosok-gosokkan ke kulit Anda. Jika kulit Anda terasa gatal, sebaiknya Anda tidak menggaruknya. Jika kulit Anda yang terbakar terasa kering, Anda bisa mengoleskan lotion agar kulit Anda kembali lembab. Nah satu hal yang juga perlu Anda hindari ketika terjadi pengelupasan kulit adalah mengelupas kulit Anda. Sebaiknya biarkan kulit Anda mengelupas dengan sendirinya, jika Anda yang mengelupasnya bukannya sembuh malah terjadi infeksi.

Selain itu, klorin juga bisa menyebabkan iritasi pada mata. Gejala yang akan Anda rasakan seperti mata terasa panas, perih, gatal, dan sebagainya. Jika Anda mulai merasakan gejala demikian, sebaiknya Anda segera mencuci mata Anda dengan air bersih. Jika perlu berikan obat tetes mata untuk mencegah iritasi yang lebih parah.

Klorin juga bisa membuat rambut Anda menjadi kering dan mudah kusut. Sehingga disarankan untuk mandi keramas. Bersihkan rambut Anda dengan shampoo agar klorin yang menempel pada rambut Anda hilang dan tidak menyebabkan rambut Anda menjadi rusak. Penggunaan kondisioner juga bisa membantu membuat rambut Anda menjadi lembut kembali. Jadi, selain kandungan klorin dalam air kolam renang, paparan sinar matahari juga bisa menjadi penyebabnya. Jadi sebaiknya Anda melakukan pencegahan dan melakukan penanganan yang tepat ketika kulit terkelupas setelah berenang! (Stefan)

FacebookTwitterGoogle+PinterestLinkedInWhatsAppLine