Penyebab Kulit Wajah Memerah, Kenali tips Jitu Menyembuhkannya Sekarang

Kulit memerahKulit memerah

BeritaKesehatan.com – Penyebab kulit wajah memerah sangat beragam sehingga cara penanganannya pun juga beragam sesuai dengan penyebabnya. Penangannya harus tepat agar tidak memperburuk kondisi wajah Anda. Berikut ini akan diuraikan penyebab sekaligus cara penanganan masalah tersebut secara tepat.

Wajah memerah, bagaimana menyembuhkannya?

1. Wajah Merah Akibat Jerawat
Jerawat bisa menjadi salah satu penyebab wajah Anda menjadi merah. Kesalahan dalam menangani jerawat yang muncul pada wajah akan menyebabkan wajah menjadi memerah. Kebiasaan buruk memencet jerawat dapat memicu timbulnya bekas merah pada wajah sehingga kulit pada wajah nampak kemerahan. Bagi Anda yang sering jerawatan, sebaiknya merubah kebiasaan Anda yang suka memencet jerawat agar meletus.

Tapi bagi Anda yang mengalami keluhan wajah memerah karena kesalahan dalam menangani jerawat yang muncul di wajah Anda, tidak perlu khawatir. Anda bisa mencoba menguranginya dengan membuat masker alami dari mentimun, tomat, dan teh hijau. Selain itu Anda juga bisa coba mengompresnya dengan es batu.

Cara membuat masker mentimun sangat mudah. Anda hanya perlu menghaluskan mentimun, kemudian mencampurnya dengan madu. Langkah selanjutnya Anda hanya perlu mencampurnya hingga rata. Setelah rata, Anda bisa mulai mengoleskannya ke seluruh wajah secara merata. Sebelum membersihkannya dengan air, Anda harus mendiamkan masker tersebut selama 30 menit. Timun dalam hal ini untuk meredakan peradangan yang terjadi pada kulit wajah. Wajah akan terasa dingin dan tidak akan memerah seperti sebelumnya.

Tomat yang biasanya dibuat jus, ternyata juga bisa jadi masker untuk wajah. Bekas jerawat pada kulit wajah biasanya akan memerah ketika terkena sinar matahari. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mencoba membuat masker tomat yang lebih sederhana daripada masker mentimun. Anda hanya membutuhkan dua buah tomat, kemudian Anda hanya perlu menghaluskannya. Setelah halus, Anda bisa mulai mengoleskannya ke kulit wajah Anda hingga merata. Anda perlu mendiamkan masker tersebut selama 20 menit sebelum Anda mencucinya dengan air bersih. Anda perlu melakukannya setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan teh hijau untuk mengatasi keluhan ini. Anda bisa mengonsumsinya selama dua minggu atau Anda juga bisa mengoleskannya ke kulit wajah Anda menggunakan kapas. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyeduh teh hijau dengan air panas. Langkah selanjutnya adalah menunggu hingga teh hijau mulai dingin. Langkah terakhir adalah mengoleskannya secara merata menggunakan kapas.

Mengompres kulit wajah memerah menggunakan es batu juga bisa Anda jadikan sebagai cara yang tepat untuk mengatasi kulit wajah Anda yang tampak memerah. Caranya sangat sederhana dibandingkan cara lainnya. Anda hanya perlu menggosokkan es batu selama 15 menit untuk melancarkan aliran darah sehingga aliran darah tidak mengumpul di area wajah tetapi juga mengalir ke area lain.

2. Wajah Merah Akibat Kosmetik
Kosmetik juga bisa menjadi penyebab kulit wajah Anda menjadi merah. Bahan kimia yang digunakan seperti mercuri sebagai penyebab wajah Anda terlihat merah bahkan hingga terasa panas dan kulit Anda jadi terkelupas. Jadi dalam hal ini, Anda juga perlu mempertimbangkan kosmetik yang akan Anda gunakan. Anda harus memilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan wajib memilih merk kosmetik yang tepat. Jika kulit Anda memerah segera hentikan pemakaian kosmetik tersebut. (Stefan)

FacebookTwitterGoogle+PinterestLinkedInWhatsAppLine