Jangan Lupa Pekan Imunisasi Nasional Polio 2016

ImunisasiImunisasi

BeritaKesehatan.com – Bulan Maret ini, Kementerian Kesehatan mencanangkan program Pekan Imunisasi Nasional Polio yang secara serentak akan dimulai pada tanggal 8-15 Maret 2016. Pekan imunisasi Nasional Polio ini ditujukan kepada semua anak usia – 59 bulan tanpa terkecuali, termasuk jika balita anda sudah mendapatkan imunisasi lengkap.

Tujuan Imunisasi Polio
Imunisasi Polio bertujuan untuk memberikan tambahan kekebalan tubuh anak terhadap penyakit yang meyebabkan kelumpuhan. Pemberian imunisai dilakukan dengan cara meneteskan vaksin polio ke mulut anak (oral), vaksin ini sebenarnya berisikan virus polio yang sudah dilumpuhkan. Virus yang sudah dilumpuhkan ini akan berkembang di usus, namun karena sudah dilemahkan maka tubuh anak akan bereaksi untuk membentuk sistem kekebalan tubuh (antibodi) yang memungkinkan anak kebal terhadap virus ini kedepannya.

Efek Samping Imunisasi Polio
Pada sebagian besar kasus, imunisasi polio tidak akan memberikan efek samping, hanya sedikit sekali yang mengakibatkan mencret (diare) pada anak tanpa ada gejala panas atau demam.

Jangan sampai lupa pekan imunisai polio 2016, bawa anak-anak balita anda ke posyandu terdekat atau tempat-tempat yang digunakan untuk penyelenggaraan imunisasi. Pemberian dua tetes vaksin polio akan mampu memberikan dampak kekebalan dan kesehatan anak anda. Pelaksanaan imunisasi polio ini sama sekali tidak dipungut biaya karena merupakan program pemerintah pusat.

FacebookTwitterGoogle+PinterestLinkedInWhatsAppLine