Olahraga Teratur sangat baik untuk Kesehatan

BerenangBerenang

BeritaKesehatan.com – Hati kita mirip seperti otot, hati akan menjadi lebih kuat dan sehat jika kita menjalani hidup dengan aktif. Tidak ada kata terlambat untuk mulai berolahraga, dan kamu tidak perlu menjadi seorang atlet untuk rutin berolahraga tiap hari. Jangan salah, dengan berjalan cepat selama 30 menit saja setiap hari dapat membuat perbedaan besar dalam kesehatan tubuh kita. Ketika kamu sudah berolahraga secara teratur tiap harinya, dampak yang dihasilkan akan sangat terasa dengan berjalannya waktu, badan lebih segar dan aktifitas pun menjadi lebih bertenaga.

Olahraga secara teratur dapat membantu kita untuk membakar kalori dan lemak, mengurangi tekanan darah, mengurangi kolesterol, dan tentu saja bisa menambah stamina. Olahraga teratur tidak mengharuskan kita pergi ke tempat fitness atau pusat olahraga, sesuaikan saja dengan lingkungan atau waktu senggang. Jalan kaki, senam, atau lari bisa dilakukan di sekitar rumah, kecuali jika kamu ingin berenang, ya harus ke kolam renang kan.

Jalan Kaki
Jalan kaki adalah olahraga paling sederhana, mudah dilakukan, tidak perlu biaya, namun sangat besar manfaatnya. Jalan kaki dapat membantu kamu tetap langsing, membakar kolesterol dan lemak, menjaga tekanan darah, membuat hati lebih gembira, dan memperkecil resiko berbagai penyakit (diabetes, serangan hati, serangan jantung). Beberapa penelitian juga menunjukkan jalan kaki secara teratur bisa menambah daya ingat dan memperkecil resiko kehilangan daya ingat pada usia tua.

Senam
Senam merupakan olahraga idola wanita, senam memberikan manfaat besar dalam menjaga bentuk tubuh, merampingkan perut, mengecilkan otot paha dan lengan, serta membuat kulit menjadi lebih segar. Senam bisa dilakukakan di rumah atau di ruangan terbuka, senam juga bisa dilakukan dengan menggunakan irama musik serta mengikuti instruktur senam melalui layar televisi.

Berenang
Berenang bisa disebut sebagai salah satu jenis olahraga yang memberikan dampak paling bagus buat kesehatan. Interaksi dengan air membuat gerakan tubuh menjadi lebih dinamis dan bisa membuat otot-otot meregang secara sempurna. Berenang tidak harus dilakukan tiap hari, bisa tiap 3 hari sekali atau seminggu sekali.

Olahraga teratur bisa sangat membantu kamu dalam menjaga kesehatan, kita juga bisa memilih olahraga ringan yang bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Cukup lakukan dengan teratur dan lakukan dengan metode yang berbeda untuk mengurangi kebosanan, misal gunakan rute jalur yang berbeda-beda saat jalan kaki, atau lakukan berbagai macam jenis senam seperti senam pagi, senam aerobik, senam kegel, atau yoga. (d-dy)

FacebookTwitterGoogle+PinterestLinkedInWhatsAppLine