Cara Menjaga Kesehatan dalam Kebiasaan Sehari-hari

Makanan BergiziMakanan Bergizi

BeritaKesehatan.com – Kebiasaan kita sehari hari bisa berdampak sangat besar bagi kesehatan. Berdasarkan penelitian, sebagian besar penyakit bersumber dari pola hidup yang kurang sehat atau cenderung tidak memperhatikan kesehatan diri sendiri.

Kebiasaan Merokok
Merokok adalah kebiasaaan yang membahayakan, bahaya merokok tidak dirasakan secara langsung akan tetapi terakumulasi dan pada suatu waktu akan memberikan dampak yang sangat merugikan bagi tubuh. Berbagai penyakit yang sebenarnya bisa dilakukan pencegahan seperti penyakit mulut, radang tenggorokan, dan gangguan hati menjadi cepat berkembang karena efek nikotin dalam tembakau. Semakin cepat kamu behenti akan semakin baik untuk kesehatan.

Jauhi Alkohol
Terlalu berlebih mengkonsumsi alkohol bisa mengakibatkan gangguan pada hati dan beberapa penyakit kanker. Selain itu, alkohol juga menjadi salah satu sebab utama kecelakaan kendaraan di jalan raya. Alkohol sendiri mengandung berbagai zat yang mengakibatkan hilang kesadaran dan tidak mampu berpikir secara alami.

Makanan Bergizi
Makanan bergizi dan sehat sangat disarankan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak semua makanan enak itu sehat, beberapa makanan yang enak disantap justru kurang memenuhi standar gizi yang baik seperti terlalu banyak daging, berlemak, kelebihan karbohidrat, atau kurang protein.

Olahraga Teratur
Olahraga teratur adalah hal yang paling dinajurkan dalam menjaga kesehatan tubuh, olahraga juga sangat baik untuk membakar kalori serta lemak, juga mampu memperbaiki kinerja ginjal, jantung, dan hati.

Jaga Berat badan
Berat badan yang berlebih bisa mempertinggi tekanan darah, memacu gejala diabetes, gangguan hati, serta stroke. Menjaga berat badan bisa dilakukan dengan olahraga, diet makanan yang sehat, dan mengatur pola tidur yang baik.

Kurangi Kafein
Terlalu banyak mengkonsumsi kafein juga kurang baik bagi tubuh, namun kafein yang cukup juga bagus untuk menjaga konsistensi otak dan fokus.

Jaga Pola Tidur
Usahakan mengatur pola tidur dengan baik, jangan tidur terlalu malam dan usahakan bangun agak pagi. Pola tidur yang baik akan memperbaiki pola metabolisme tubuh menjadi teratur. Pola tidur yang baik juga bisa meningkatkan stamina tubuh anda menghadapi rutinitas sehari-hari. (d-dy)

FacebookTwitterGoogle+PinterestLinkedInWhatsAppLine