Seputar Menstruasi Wanita

MenstruasiMenstruasi

BeritaKesehatan.com – Menstruasi adalah siklus yang terjadi pada wanita secara alamiah. Siklus menstruasi wanita pertama kali dialami pada saat berusia 8-16 tahun, ketika memasuki masa pubertas. Secara umum siklus ini dialami saat berusia 12 tahun atau bisa juga 2-3 tahun setelah payudaranya mengalami pertumbuhan. Siklus menstruasi akan dialami oleh wanita secara terus menerus sampai pada akhirnya mengalami menopause yang biasanya dialami pada saat usia sudah menginjak di atas 40 tahun.

Beragam Informasi Penting Seputar Menstruasi Wanita
Dalam tubuh wanita terdapat hormon estrogen yang akan mengalami peningkatan dalam setiap siklus menstruasi yang ia alami. Pada saat inilah, seorang wanita harus mempersiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan kehamilannya. Pada masa ini, sel telur akan dilepaskan dari ovarium dan akan membuat dinding rahim menjadi lebih tebal. Jika sel telur tersebut tidak mengalami pembuahan, maka tubuh akan menyerapnya dan dinding rahim yang tebal akan meluruh, mengalir keluar dari tubuh, dan bercampur dengan darah.

Untuk mengetahui siklus menstruasi, ada beberapa gejala menstruasi wanita yang harus diperhatikan seperti berikut ini:
1. Kurun waktu seorang wanita mengalami menstruasi biasanya terjadi sekitar 2-7 hari.
2. Banyaknya volume darah yang akan dikeluarkan selama kurun waktu tersebut adalah sekitar 40 mililiter.
3. Darah lebih banyak dikeluarkan pada hari pertama dan kedua.
4. Siklus menstruasi juga bisa berubah tergantung kondisi kesehatan Anda.
5. Seorang wanita yang sedang mengalami menstruasi akan mengalami perubahan kadar hormon dalam tubuhnya, terlebih pada saat sebelum masa menstruasi.
6. Kadar hormon yang berubah dapat mempengaruhi perubahan emosi dan fisik yang biasanya terjadi beberapa hari sebelum menstruasi atau sering disebut dengan istilah PMS.
7. Perubahan fisik yang mungkin terjadi adalah berubahnya nafsu makan, mudah lelah, payudara yang semakin besar dan terasa nyeri, nyeri-nyeri pada sendi, kurangnya gairah seks, kenaikan berat badan, pusing, diare, dan konstipasi serta mual.
8. Perubahan mental yang sering terjadi sebelum menstruasi adalah mudah marah, mudah depresi, kurangnya konsentrasi, suasana hati yang labil, mudah menangis, pelupa, cemas yang berlebihan, dan kurang percaya diri.

Dari beberapa gejala tersebut, ada gejala-gejala yang secara otomatis akan hilang ketika siklus menstruasi sudah selesai. (Eve)

FacebookTwitterGoogle+PinterestLinkedInWhatsAppLine