Kriteria Dapur Sehat bagi Keluarga anda

Dapur SehatDapur Sehat

BeritaKesehatan.com – Dapur sehat diperlukan dalam setiap rumah. Di dapur, seorang ibu akan menyiapkan makanan yang harus disajikan pada keluarganya. Apabila dapur tidak bersih maka dapat menimbulkan sarang kuman, virus, atau jamur yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Oleh karena itu, perhatikanlah dapur agar selalu dalam keadaan bersih dan sehat.

Inilah 10 Macam Kriteria Pada Dapur Sehat

1. Dinding
Permukaan dinding di dalam harus mudah dibersihkan, kering tidak menyerap air, dan tidak berlubang. Apabila ruangan mengharuskan dinding terkena air, maka lapisi dinding setinggi 2 meter dari lantai menggunakan bahan yang kedap air, tidak menahan debu, dan terang warnanya.

2. Konstruksi bangunan memenuhi syarat sanitasi
Lantai kedap air, kuat, rata, tidak licin, halus, tahan asam, mudah dibersihkan, tidak berlubang, tidak ada sudut mati pada pertemuan lantai.

3. Langit-langit
Minimal langit-langit adalah 2-4 meter di atas lantai dan menutupi seluruh atap bangunan.

4. Fasilitas pencucian peralatan
Letakkan barang yang telah dibersihkan ke tempat yang terlindungi seperti almari.

5. Pencahayaan
Intensitas cahaya berpengaruh saat melakukan pembersihan dan pemeriksaan ataupun dalam melakukan pekerjaan agar lebih efektif. Namun juga perhatikan agar cahaya tidak membuat silau saat mengolah makanan.

6. Jendela dan pintu
Pintu, jendela, dan ventilasi di ruangan makan diolah sebaiknya dilengkapi dengan kasa yang dapat dipasang dan dibuka untuk mencegah lalat yang hinggap ke makanan. Letakkan pintu bangunan dengan membuka ke arah luar.

7. Ventilasi
Ventilasi harus cukup untuk mencegah terjadinya kondensasi lemak atau uap air pada lantai dinding. Adanya ventilasi dapat membuat asap, pencemaran lain, dan bau dari ruangan sebagai fungsi dapur yang sehat.

8. Jauh dari kamar mandi
Ruangan pengolahan makanan harus memiliki luas yang cukup agar lebih efisiensi dalam menyiapkan makanan. Jangan membangun ruangan pengolahan di dekat jamban atau kamar mandi. Lengkapilah ruangan dengan meja dan tempat penyimpanan makanan.

9. Air bersih
Air bersih harus ada di seluruh kegiatan penyelenggaraan makanan. Air bersih adalah sumber dari semua unsur kesehatan, sehingga mutlak diperlukan.

10. Tempat cuci tangan
Bedakan antara tempat cuci tangan dan cuci peralatan benda-benda dapur. Buatlah sedekat mungkin tampat cuci tangan dengan tempat kerja.

Demikian cara memiliki dapur sehat yang wajib dipenuhi di lingkungan rumah Anda. (Eve)

FacebookTwitterGoogle+PinterestLinkedInWhatsAppLine