Atasi Segera Masalah Jerawat Dengan Benar

JerawatJerawat

BeritaKesehatan.com – Memiliki jerawat sudah pasti akan membuat seseorang merasa tidak nyaman. Selain rasa tidak nyaman, jerawat di wajah juga dapat mengurangi kepercayaan dirinya. Oleh karena itu, banyak orang yang mengobatinya dengan cara yang sembarangan demi memperoleh wajah yang kembali mulus tanpa jerawat dan percaya diri.

Atasi Masalah Jerawat Dengan Benar
Jerawat terjadi karena sebum atau minyak dikeluarkan oleh kelenjar minyak secara berlebihan pada kulit yang disebabkan oleh perubahan hormon. Hal inilah yang menyebabkan pori-pori kulit menjadi tersumbat, ditambah dengan bakteri yang menempel pada wajah sehingga muncullah jerawat.

Cara mengatasi jerawat tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Jika hal itu terjadi, justru akan memperburuk kondisi kulit wajah dan menimbulkan masalah kulit yang lain. Pada umumnya, pengobatan yang dilakukan bertujuan untuk membunuh bakteri yang menempel pada wajah dan mengurangi minyak berlebih. Berikut cara mengobati jerawat yang bisa Anda lakukan:

Menggunakan obat dokter
Gunakan antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain membunuh bakteri, antibiotik juga dapat mengobati kulit yang meradang. Supaya hasil lebih maksimal, kombinasikan dengan benzoil peroksida.
Selain itu, dapat juga menggunakan retinoid untuk atasi jerawat parah karena cara kerjanya akan merangsang pertumbuhan kulit baru. Efek samping yang ditimbulkan adalah gatal dan kulit memerah, namun hal ini tak akan lama. Obat lain yang dapat digunakan yaitu asam azelaic dan dapsone, yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti radang.

Menggunakan produk bebas
Tips mengatasi jerawat dengan produk bebas yang dimaksudkan di sini adalah pengobatan jerawat dengan menggunakan sabun jerawat yang di dalamnya terkandung benzoil peroksida, asam salisilat ataupun sulfur. Bertujuan untuk membasmi bakteri jerawat dan pengelupasan sel kulit. selain sabun, bisa juga menggunakan gel, krim, dan lotion.
Usahakan jangan menggunakan sabun/krim jerawat yang mengandung alkohol karena akan membuat kulit wajah menjadi kering. Sebaiknya gunakan obat jerawat dari bahan-bahan herbal.
Penggunaan obat jerawat harus disesuaikan dengan resep dan anjuran dokter. Karena mengatasi masalah jerawat tanpa pengetahuan yang cukup akan berdampak buruk bagi kesehatan kulit wajah. (eve)

FacebookTwitterGoogle+PinterestLinkedInWhatsAppLine