Menjaga Kesehatan Rambut Agar Tetap Indah

Rambut Hitam Panjang LurusRambut Hitam Panjang Lurus

BeritaKesehatan.com – Memiliki rambut yang sehat, indah, dan berkilau adalah dambaan setiap wanita. Meskipun terlihat sepele, namun menjaga kesehatan rambut tidak semudah kelihatannya. Mengapa sangat penting menjaga rambut agar tetap sehat ?

Banyak hal yang dapat menjadi penyebab kerusakan rambut seperti polusi, iklim, sinar matahari, serta pemakaian alat rambut seperti hair dryer, pelurus rambut, catok rambut, dan masih banyak lagi.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Rambut
Cara merawat rambut yang paling mendasar bisa dimulai dari kulit kepala karena disitulah tertanam akar rambut. Perlu diketahui bahwa folikel rambut sangat dipengaruhi oleh pasokan darah dan kesehatan jaringan di area sekitarnya. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa kunci rambut sehat adalah kulit kepala yang sehat.

Untuk itu, banyak ahli kosmetik menyarankan supaya merawat rambut dengan produk perawatan rambut yang di dalamnya terkandung stearyl, cetyl, myristyl, dan fatty alcohol. Usahakan rajin keramas selama 2-3 kali dalam seminggu dengan memijat-mijat kulit kepala kurang lebih selama 30 detik supaya sirkulasi darah lancar dan folikel rambut terangsang untuk menghasilkan rambut yang lebih sehat dan bercahaya. Bisa juga ditambahkan dengan mengoles minyak zaitun dan vitamin E.

Pemilihan Shampo
Tips merawat rambut berikutnya adalah pemilihan shampo. Usahakan memilih shampo sesuai dengan jenis rambut dan hindari shampo berbahan kimia keras seperti sodium lauryl sulphate atau ammonium lauryl sulphate. Usahakan gunakan air hangat ketika keramas, supaya minyak pada rambut dibersihkan. Setelah keramas gunakan juga kondisioner supaya kelembutan rambut tetap terjaga dan mudah diatur. Diamkan sejenak, lalu bilas sampai bersih.

Rambut yang sehat juga tergantung dari apa yang Anda makan. Konsumsilah makanan yang kaya akan protein seperti ikan, susu dan telur. Selain itu, konsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti bayam dan kacang-kacangan. Serta makanan yang mengandung asam lemak omega 3 seperti yoghurt, keju dan salmon. Untuk mengurangi kerontokan rambut, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen biotin. Itulah beberapa cara sederhana untuk merawat kesehatan rambut. Selain cara di atas, Anda juga bisa mengkonsultasikannya dengan dokter ahli untuk solusi yang lebih tepat. (Eve)

FacebookTwitterGoogle+PinterestLinkedInWhatsAppLine