4 Manfaat Manggis yang Wajib Anda Tahu

Buah manggisBuah manggis

BeritaKesehatan.com – Siapa yang tak kenal manggis? Bentuknya yang bulat dengan warna ungu kehitaman ini memang sudah sangat terkenal. Terlebih khasiatnya yang sangat banyak bagi kesehatan manusia. Bahkan, dalam beberapa tahun belakangan ini, pemanfaatan manggis tidak hanya terbatas pada daging buahnya saja. Kulit bagian luarnya pun ternyata juga mempunyai khasiat yang sangat manjur untuk mengatasi berbagai penyakit. Tak heran jika kemudian banyak orang yang menyebut buah ini sebagai ratu buah dan mengidolakannya sebagai tambahan makanan sehari-hari. Mau tahu apa saja manfaat manggis ini? Berikut ini beberapa di antaranya berdasarkan kandungan yang ada di dalamnya.

Menangkal Berbagai Penyakit Akibat Radikal Bebas
Di dalam buah manggis terkandung zat antioksidan, yaitu xanthones atau polifenol. Zat inilah yang terbukti dapat menyembuhkan berbagai penyakit yang disebabkan sel-sel rusak akibat radikal bebas. Sebagai contoh, penyakit kanker dan kadiovaskular. Tidak hanya itu, zat ini juga dipercaya mampu memperlambat penuaan dini yang terjadi pada seseorang. Sebagai Anda tahu, penyakit kanker merupakan momok masyarakat saat ini. Ancaman kehilangan nyawa akibat serangan penyakit ini seakan menghantui bagi orang yang menderitanya. Namun, dengan adanya beberapa penelitian yang berhasil mengungkap manfaat buah manggis ini, bisa memberi sedikit angin segar bagi mereka penderita kanker.

Menurunkan Berat Badan yang Berlebih
Apakah Anda mempunyai berat badan berlebih? Tenang, tidak usah khawatir. Para peneliti sudah menemukan bahwa buah manggis dapat dijadikan sebagai menu diet untuk mengatasi masalah Anda tersebut. Sebab, buah manggis kaya akan serat dan tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh. Kandungan kalorinya pun cukup rendah, yaitu hanya sebesar 63 kalori untuk setiap 100 gramnya.

Mengatasi Infeksi dan Baik bagi Perkembangan Janin
Kandungan vitamin C yang ada di dalam buah manggis terbukti mampu melawan infeksi dan flu. Tidak hanya itu, vitamin C juga sangat penting bagi tubuh untuk menangkal berbagai macam penyakit akibat radikal bebas. Sementara itu, kandungan folat yang ada di dalamnya juga mempunyai peranan penting dalam tumbuh kembang janin. Sel-sel baru semakin cepat tumbuh dengan hadirnya folat dalam manggis. Tak heran jika para ahli sangat menganjurkan bagi Anda yang sedang hamil untuk mengonsumsi buah ini secara teratur.

Memperlancar Peredaran Darah
Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah ini mampu meningkatkan aliran darah. Akibatnya, pembuluh darah pun menjadi melebar dan peredaran darah ke seluruh tubuh semakin lancar. Dengan lancarnya peredaran darah ini, berbagai penyakit seperti kolesterol, nyeri dada, hingga aterosklerosis dapat teratasi dengan mudah. Bahkan, munculnya penyakit katarak juga mampu dicegah.

Sungguh, buah yang mempunyai manfaat luar biasa. Tidak salah jika Anda menjadikannya sebagai menu tambahan wajib yang bisa dikonsumsi setiap hari. Dan, rasakan dampak dari mengonsumsi buah manggis ini. (Yohana)