Kandungan Gizi dan Manfaat Melon bagi Kesehatan Anda

Buah MelonBuah Melon

BeritaKesehatan.com – Buah melon merupakan salah satu buah yang banyak beredar di Indonesia. Namun begitu, tidak banyak orang yang menyukainya. Meskipun rasanya cukup manis, namun kurangnya pengetahuan tentang khasiat dari buah ini membuat banyak orang yang memandangnya sebelah mata. Padahal, berbagai penyakit mampu disembuhkan dengan mengambil manfaat melon ini.

Mengapa melon sangat efektif bagi kesehatan Anda? Semua itu tidak lain karena kandungan gizi yang ada di dalamnya. Secara keseluruhan, dalam satu buah melon terkandung energi sebesar 34 kkal, karbohidrat 8,6 gram, dan protein 0,84 gram. Sementara itu, kandungan lemaknya sebesar 0,19 gram dan serat 0,9 gram. Plusnya lagi, buah melon tidak mengandung kolesterol sama sekali, sehingga aman bagi Anda pengidap obesitas. Lalu, apa saja manfaat dari buah ini bagi kesehatan? Simak uraian berikut ini.

1. Mencegah Penyakit Jantung
Serangan penyakit jantung masih menjadi urutan nomor pertama penyebab kematian di Indonesia. Pola hidup dan makan yang tidak sehat merupakan faktor utama munculnya penyakit ini. Nah, untuk mencegah terjadinya serangan jantung seperti ini, Anda bisa memanfaatkan buah melon. Sebab, kandungan adenosine yang ada di dalamnya efektif dalam mencegah terjadinya penggumpalan sel darah merah yang merupakan penyebab utama serang jantung dan stroke.

2. Mencegah Penyakit Kanker
Penyakit ini juga menjadi penyakit penyebab kematian yang paling menakutkan. Belum adanya obat yang secara pasti mampu mengatasi penyakit ini menyebabkan banyak orang merasa takut terserang penyakit berbahaya ini. Namun, ada beberapa buah yang memang dapat digunakan untuk mencegah munculnya kanker, salah satunya buah melon. Kandungan karotenoid yang ada di dalamnya lah yang diyakini mempunyai peranan penting dalam hal ini.

3. Menjaga Kesehatan Mata
Mata merupakan organ vital manusia. Pada saat organ ini mengalami gangguan, berbagai aktivitas Anda pun akan terganggu. Nah, untuk menjaga kesehatan mata ini, Anda dapat memanfaatkan buah melon. Sebab, di dalam buah melon terdapat zat betakaroten yang mampu meningkatkan ketajaman penglihatan Anda.

4. Mencegah Penyakit Stroke
Satu lagi penyakit berbahaya yang banyak menyerang masyarakat Indonesia, yaitu stroke. Tidak berfungsinya organ tubuh akibat gangguan saraf membuat penderita tidak bisa menggerakkan beberapa bagian tubuhnya. Tentu saja hal ini akan sangat menyiksa. Nah, penyakit ini dapat dicegah dengan selalu mengonsumsi buah melon. Kandungan kalium yang tinggi, 267 mg, dalam melon mampu membantu mengontrol tekanan darah sehingga penyakit stroke dapat dihindari.

Anda tentu tidak ingin terserang berbagai penyakit berbahaya di atas, bukan? Oleh karena itu, melakukan pengontrolan dan pengecekan medis secara rutin wajib untuk Anda lakukan. Selain itu, sebagai usaha mandiri, konsumsilah buah melon setiap hari dan rasakan manfaat melon ini. (Yohana)