Manfaat Mangga untuk Kecantikan dan Kesehatan

Buah manggaBuah Mangga

BeritaKesehatan.com – Sudah banyak orang yang meyakini akan manfaat mangga, terlebih yang sudah matang dan manis. Maka, tak heran jika banyak orang yang menggemarinya dan mengonsumsi buah ini setiap hari. Tidak hanya itu, beberapa produk minuman kemasan juga memberikan pilihan buah mangga sebagai produk unggulan. Selain mempunyai manfaat bagi kesehatan, buah mangga juga sangat baik untuk kecantikan. Oleh karena itu, bagi Anda kaum wanita, jangan ragu untuk mengonsumsi buah ini agar wajah tampak sehat dan cantik. Berikut ini beberapa manfaat mangga untuk kecantikan, sekaligus cara menggunakannya.

1. Mengatasi Noda Hitam pada Wajah
Noda atau bintik hitam pada wajah tentu sangat mengganggu penampilan Anda. Terlebih jika bintik tersebut dalam jumlah wajah. Selain membuat wajah tampak kusam, kecantikan Anda pun akan tertutupi dengan hadirnya bintik hitam tersebut. Biasanya, bintik hitam ini disebabkan terkena paparan sinar matahari secara terus-menerus. Jika Anda mengalami hal tersebut, kini Anda bisa mengatasinya dengan buah mangga. Adapun caranya cukup mudah, yaitu:
a. Ambil beberapa daun mangga, kemudian cuci bersih.
b. Keringkan daun tersebut, kemudian bentuk menjadi bubuk.
c. Campurkan bubuk daun mangga tersebut dengan yoghurt.
d. Oleskan pada wajah di mana noda tersebut berada.
e. Diamkan beberapa saat hingga mengering, kemudian bilas dengan air bersih.
f. Lakukan secara rutin hingga noda menghilang.

2. Menyembuhkan Jerawat
Satu lagi gangguan kulit wajah yang membuat kecantikan Anda memudar, yaitu hadirnya jerawat. Terlebih jika jerawat tersebut membesar dan meninggalkan bekas luka setelah sembuh. Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan buah mangga. Adapun caranya sebagai berikut:
a. Petiklah buah mangga yang masih mentah, kemudian cuci bersih, kemudian potong-potong.
b. Rebus potongan buah mangga hingga mendidih.
c. Saring air rebusan dan basuhkan pada wajah secara merata.
d. Lakukan secara teratur setiap hari hingga jerawat keluar sendiri tanpa sakit dan tanpa meninggalkan bekas noda.

3. Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari
Bagi Anda yang mempunyai banyak aktivitas di luar rumah, tentu sangat rentan mengalami kulit terbakar akibat sinar matahari. Hal ini tentu akan mengganggu penampilan Anda yang notabene bertemu dengan banyak orang. Nah, untuk mengatasinya, lakukan cara berikut:
a. Ambil buah mangga matang, kemudian cuci bersih dan potong-potong.
b. Oleskan potongan tersebut pada kulit yang terbakar.
c. Di atasnya dioleskan kembali krim susu, kemudian diamkan selama 15 menit.
d. Bilas dengan air dingin hingga bersih.

4. Melembabkan Rambut
Buah mangga juga dapat Anda gunakan untuk melembabkan rambut kering. Kandungan vitamin A yang ada di dalamnyalah penyebabnya. Vitamin ini dapat menjamin pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk rambut. Oleh karena itu, konsumsi mangga setiap hari untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Mau tampil cantik setiap hari? Aplikasikan saja resep di atas dan rasakan manfaat mangga tersebut.