5 Manfaat Pepaya untuk pencernaan dan kekebalan tubuh

Buah PepayaBuah Pepaya

BeritaKesehatan.com – Mungkin, banyak orang yang memandang sebelah mata terhadap buah yang satu ini. Bentuknya yang kurang menarik dan mudahnya buah pepaya untuk tumbuh membuat beberapa orang menganggap enteng akan khasiatnya. Padahal, andai mereka tahu bahwa buah pepaya sangat bermanfaat bagi kesehatan, niscaya mengonsumsinya akan menjadi kewajiban. Vitamin A, magnesium, asam pantotenat, kalsium, kalium, lycopene, dan masih banyak lagi, terdapat pada satu buah pepaya. Wow…, fantastis, bukan? Mau tahu apa saja manfaat pepaya? Simak uraian berikut ini.

1. Menghilangkan Rasa Sakit dan Mencegah Kanker
Percaya atau tidak, ternyata pepaya mampu mencegah Anda dari penyakit kanker yang sangat ditakuti tersebut. Hal ini tak lain karena adanya enzim anti inflamasi yang terkandung di dalamnya. Tidak hanya itu, rasa sakit akibat berbagai penyakit seperti osteoporosis, endema, dan arthritis juga dapat dihilangkan dengan mengonsumsi buah ini.

2. Menguatkan Sistem Imun
Sistem imun merupakan hal penting di dalam tubuh. Sebab, tubuh yang mempunyai sistem imun baik akan dapat menangkal berbagai penyakit yang menyerang, seperti flu, pilek, infeksi, dan demam. Kandungan vitamin A dan C yang ada di dalam buah pepaya inilah yang dipercaya mampu menguatkan sistem imun dalam tubuh.

3. Menjamin Kesehatan Tulang
Salah satu penyebab seringnya seseorang mengalami patah tulang adalah kurangnya asupan vitamin K. Nah, di dalam buah pepaya ini terkandung banyak vitamin K. Ini artinya, buah pepaya dapat digunakan untuk mencegah rentannya tulang patah. Dengan kata lain, mengonsumsi buah pepaya setiap hari dapat menjamin kesehatan tulang Anda.

4. Mencegah Munculnya Penyakit Jantung
Kolaborasi kandung serat, vitamin, dan kalium di dalam sebuah pepaya terbukti dapat mencegah munculnya penyakit jantung. Sebab, ketiga zat tersebut mampu mengubah pola makan seseorang. Selain itu, kandungan enzimnya juga dapat menekan kadar kolesterol dalam diri seseorang. Maka, tak heran jika buah ini sangat disarankan bagi Anda untuk dimasukkan dalam menu diet.

5. Memperlancar Pencernaan
Kandungan papain di dalam pepaya sangatlah baik bagi pencernaan. Hal ini semakin didukung dengan kandungan serat dan kadar air yang tinggi di dalamnya. Paduan ketiga zat tersebut dapat mengatasi Anda yang mengalami gangguan BAB dan mencegah terjadinya sembelit. Dengan mengonsumsi buah ini secara teratur, saluran pencernaan Anda menjadi sehat dan BAB pun dapat teratur tanpa adanya keluhan sakit.

Tidak hanya lima manfaat di atas, buah pepaya juga mampu mempercepat penyembuhan luka, mencegah asma, menurunkan gula darah, menjamin kesehatan mata, bahkan juga dapat mengurangi berat badan. Sungguh, pepaya merupakan buah dengan 1001 manfaat, bukan? Oleh karena itu, mulai sekarang, jangan ragu untuk mengonsumsi buah ini setiap hari. Dan, rasakan berbagai manfaat pepaya tersebut. (Yohana)