Kenali Berbagai Manfaat Pisang, Buah Sejuta Umat

Buah PisangBuah Pisang

BeritaKesehatan.com – Pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sangat disukai dan termasuk jenis buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Buah dengan warna kuning cantik ini berbentuk melengkung dan dibungkus dengan sejuta gizi besar yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Perlu anda ketahui, rincian gizi pisang dengan ukuran sedang dianggap satu porsi pisang yang mengandung 1 gram protein, 30 gram karbohidrat, dan 110 kalori. Selain itu, pisang juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin B6, vitamin C, mangan, serat, protein, Magnesium, Folat, Vitamin A, besi, kalium , folat, dan masih banyak yang lainnya. Semua kandungan baik yang terdapat dalam buah pisang sangat berkhasiat sebagai untuk menjaga dan merawat kesehatan tubuh manusia. Maka dari itu, perbanyaklah mengonsumsi buah pisang jika anda menginginkan sejuta khasiat baik untuk kesehatan tubuh anda. Asupan buah pisang yang sangat direkomendasikan untuk orang dewasa ialah sekitar 4700 miligram untuk setiap harinya. Bagi anda yang penasaran, simak ulasan berikut ini tentang beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan.

Membantu Pencernaan Pada Usus
Manfaat pisang yang pertama ialah bisa mengurangi risiko terkena sembelit, hal ini dikarenakan buah pisang mengandung serat tinggi yang baik untuk pencernaan tubuh. Kini anda bisa mengatasi sembelit tanpa harus menggunakan obat pencahar, cukup dengan satu buah pisang anda bisa mengatasi sembelit secara alami dan efektif. Anda juga bisa mencampurkan buah pisang dengan segelas susu yang akan membantu anda dalam mengurangi risiko penyakit usus dan membantu untuk mencegah terjadinya kanker usus besar.

Melancarkan Peredaran Darah
Pisang juga sangat berkhasiat dalam melancarkan peredaran darah, ini terbukti dengan kandungan potasium tinggi yang terdapat dalam buah pisang. Selain itu, buah pisang juga bisa mengatur tekanan darah agar tetap stabil dan membantu anda dalam mencegah risiko penyakit stroke yang menjadi salah satu tanda dari timbulnya gejala gangguan pada jantung.

Menormalkan Fungsi Jantung
Pisang juga sangat berkhasiat untuk menormalkan fungsi kesehatan jantung. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengonsumsi buah pisang ketikan sarapan setiap harinya, maka nutrisi akan bertambah ke dalam tubuh anda serta akan mendukung fungsi dan kinerja jantung agar tetap optimal. Pisang juga kaya akan kandungan mineral yang biasa disebut elektrolit kalium, kandungan ini akan langsung masuk ke dalam aliran darah melalui dinding usus dan kemudian akan larut ke dalam cairan sel yang ada di seluruh tubuh.

Menjaga Kesehatan Mata
Manfaat pisang yang terakhir ialah membantu menjaga kesehatan mata anda. Pisang mengandung vitamin A yang diketahui sangat penting untuk kesehatan dan perlindungan terhadap organ mata. Vitamin A mampu melestarikan membran yang ada di sekitar mata dan membantu mencerahkan penglihatan.(Yohana)