Pentingnya ASI Eksklusif Untuk Tumbuh Kembang Bayi

Asi EksklusifAsi Eksklusif

Beritakesehatan.com – Setiap orang tua selalu menginginkan yang terbaik untuk tumbuh kembang bayinya, salah satunya ialah dengan menyediakan dan memberikan asi eksklusif untuk sang bayi tercinta. Bukan hanya itu saja, pemerintah bahkan juga gencar mekampanyekan pemberian ASI eksklusif di usia 0 hingga 6 bulan. Anda pasti telah mengetahui jika ASI (Air Susu Ibu) ialah salah satu unsur unik yang hanya dimiliki oleh para wanita saja. Namun, pada dasarnya terdapat banyak sekali hal menarik yang bisa kita dapatkan dari ASI, apakah anda penasaran. Maka, simak ulasan selanjutnya mengenai pentingnya ASI eksklusif untuk tumbuh kembang bayi.

ASI eksklusif merupakan sebuah program pemberian ASI secara penuh kepada bayi mulai dari usia 0 – 6 bulan, pemberian ASI dilakukan tanpa disertai dengan tambahan makanan pendamping lainnya. Meskipun begitu, para orang tua terutama sang ibu juga harus tetap memberikan ASI hingga bayi mencapai usia 2 tahun dan telah bisa disertai dengan makanan pendamping ASI lainnya, seperti pisang halus dan nasi tim.

Pentingnya ASI Eksklusif Untuk Bayi
Sumber nutrisi
ASI merupakan salah satu sumber nutrisi dan gizi yang sangat berkhasiat dan baik untuk proses tumbuh kembang bayi. ASI mengandung nutrisi lengkap yang memang pada dasarnya benar-benar dibutuhkan oleh bayi dan bahkan telah dipersiapkan oleh Sang Pencipta untuk menyambut kedatangan mereka ke dunia. Selain itu, ASI juga mengandung senyawa yang bersifat antibodi alami yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sang bayi.

Bayi akan tumbuh cerdas
Anda mengingikan buah hati yang cerdas dan lincah, jika iya maka mulailah untuk membentuknya sedemikian rupa saat dia masih dalam bentuk bibit kecil melalui pemberian ASI eksklusif. Pentingnya ASI eksklusif untuk meningkatkan kecerdasan bayi saat tumbuh besar nanti menurut para ahli ialah sebuah pembuktian yang nyata dan benar adanya. Hal ini didapatkan dari kandungan asam lemak yang terdapat dalam ASI yang berperan penting dalam meningkatkan kecerdasan, serta juga mampu membentuk suatu hubungan emosional pada sang bayi dengan ibunya.

Berat badan yang ideal pada bayi
Hampir semua bayi yang mendapatkan ASI eksklusif memiliki bobot tubuh normal dan ideal. Tahukah anda mengapa demikian, para ahli kesehatan mengatakan jika ASI pada seorang ibu mengandung insulin yang rendah dibandingkan kadar insulin yang terdapat pada susu formula. Sedangkah seperti yang anda ketahui, senyawa insulin merupakan senyawa yang berperan aktif dalam pembentukan lemak di dalam tubuh. Oleh sebab itu, dengan mengetahui pentingnya ASI eksklusif, para orang tua harus mulai mempertimbangkan hal ini untuk segala kebaikan yang akan diperoleh si kecil di masa yang akan datang.

Memperoleh limpahan kolesterol
Biasanya dalam kasus orang dewasa, kadar kolesterol akan bertambah saat terjadi asupan makanan yang tidak baik untuk tubuh. Namun, perlu anda ketahui hal ini tidak berlaku pada bayi. Kolesterol bahkan salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh bayi guna menunjang tumbuh kembangnya dan tentunya zat ini sangat banyak ditemukan pada pemberian ASI eksklusif. (Yohana)